Seluruh konten di situs ini memiliki Rujukan yang bisa dipercaya dan bukan sebuah dongeng menjelang tidur

Kisah Nabi ADAM diUsir Dari Surga - Ustadz Khalid Basalamah

Kisah Nabi ADAM diUsir Dari Surga - Manusia pertama, ayah kita semua, Adam Alaihissalam, Nabi Adam diciptakan oleh Allah dengan tangannya. Tidak ada manusia selain Nabi Adam pada saat itu, sendirian. Istrinya pun, Hawa diciptakan setelah Nabi Adam diciptakan, sendirian, sendirian Nabi Adam Alaihissalam.

Dan Allah sebelum menciptakan nya sudah mengatakan kepada para malaikat. Allah Ceritakan "saya bacakan Surah Albaqarah urutan 2 surahnya ayat 30 sampai ayat 38. Kita akan baca ayat 30 dulu". Allah mengatakan "Audzubillahiminasyaitonirrojim Wa iż qāla rabbuka lil-malā`ikati innī jā'ilun fil-arḍi khalīfah". sampai sini dulu artinya, ingatlah ketika Allah berfirman kepada para malaikat, aku akan ciptakan sekarang, makhluk manusia yang akan menjadi khalifah di muka bumi.

Khalifah ini teman-teman adalah pemimpin-pemimpin jadi manusia ini kita kalau di dunia ini di manapun kita datang, semua selain manusia pindah, hewan-hewannya, jinnya semua pergi, kalau udah manusia datang ke situ, mereka cium baunya manusia, mereka pergi. Manusia memang khalifah diciptakan untuk itu, untuk memimpin di muka bumi ini. Di muka bumi banyak makhlukNya Allah untuk memimpin.

Waktu itu teman-teman sekalian, sudah ada golongan makhluk lain namanya jin, sebelum manusia sudah rajin, sudah turun temurun di muka bumi sebelum kita, dan di kalangan Jin ini ada satu bernama iblis. Iblis adalah salah satu dari jin yang berusaha untuk menjadi pemimpin dan rajanya jin. Diawal dulu, di awal kisah ini sebelum manusia diciptakan, Jin-Jin ini bisa naik ke langit, naik ke langit ngobrol sama malaikat, di bukain pintu langit buat mereka.

Makanya waktu "Allah Azza wa Jalla" Allah Maha mulia dan Maha Tinggi mengatakan kepada para malaikat "saya akan ciptakan manusia, makhluk baru sekarang, makhluk baru ini bernama manusia, nanti jadi pemimpin dimuka bumi". Waktu itu kebetulan iblis lagi ada di langit, kumpul sama para malaikat, ikut-ikutan dia pada saat itu. Lalu Allah bilang, "kalau saya sudah ciptakan, kalian semua harus sujud." mendengar kalimat khalifah, iblis tahu ini kalau diciptakan, berarti akan menjadi pemimpin di muka bumi ini. Berarti dia sebagai kandidat pemimpin dimuka bumi nanti terhapus, nggak bisa, dan Ini alasan utama Kenapa Iblis tidak mau sujud kepada Adam, dia tahu ini nanti jadi pemimpin.

Makanya malaikat berkata "Kenapa engkau menciptakan Ya Allah, makhluk yang nanti akan membuat kerusakan dimuka bumi, nanti akan menumpahkan darah, sementara Kami para malaikat selalu Bertasbih kepada mu, dan mensucikan mu." Kenapa malaikat bilang begitu? karena di muka bumi ada jin waktu itu, jin ini suka berbuat kerusakan, saling bunuh membunuh, ngacok semuanya, hukum-hukum Allah turun tidak diterapkan, maka kata Allah "Aku lebih tahu daripada kalian, kepada malaikat. Itu ayat 30.

Ayat 31 Allah berfirman "dan Allah setelah ciptakan Adam, Allah ajarkan Adam nama segala sesuatunya, disini ulama tafsir, semua nama malaikat, semua nama benda-benda di langit, semua nama benda-benda di bumi, semua bahasa yang dipakai, semua bahasa hewan, bahasa serangga, bahasa hewan ternak, bahasa jin, bahasa tumbuh-tumbuhan, bahasa manusia nanti kalau diciptakan. Sekarang kita punya jutaan bahasa di muka bumi manusia. Indonesia aja punya 6.000 bahasa dari 13.000 pulau, belum lagi seluruh dunia, bisa banyak, jutaan bahasa. Semua itu Allah ajarkan kepada Adam alaihissalam. Adam tahu semua, semua bahasanya malaikat, nama-nama mereka, benda-benda di langit, semua nama Jin, semua nama hewan-hewan, semuanya di ajarkan.

Ini makna dari "wa 'allama adamal-asma-a kullaha" semua nama-nama allah ajarkan, semua bahasa Allah ajarkan. Lalu Allah mengatakan kepada malaikat "Coba sebutin buat saya semua nama-nama yang kalian ketahui, benda-benda di langit dan di bumi, para malaikat menjawab Maha Suci engkau ya Allah, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah engkau ajarkan saja kepada kami, nggak semuanya kami tahu, Kata malaikat. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi maha bijaksana.

Lalu Allah berkata kepada Adam waktu Adam sudah diciptakan, "Wahai Adam beritahukan kepada semua malaikat itu nama-nama benda semuanya, maka Nabi Adam datang sebutin nama-nama malaikat, milyaran nama malaikat disebutin satu-satu, lalu nama-nama benda di langit semua di sebutin, nama-namanya benda di Bumi, semua disebutin, semuanya Adam kuasai.

Ceramah Lainya oleh Ust. Khalid:
Pada saat ada memberitahukan kepada para malaikat, nama-nama semua benda-benda itu, Allah berfirman kepada para malaikat, "Bukankah sudah kukatakan kepada kalian bahwa sesungguhnya aku maha mengetahui apa yang kalian tidak ketahui, aku mengetahui rahasia langit dan bumi, dan mengetahui apa yang kalian lahirkan dan apa yang kalian sembunyikan".

Maka Allah berfirman lagi, "Ingatlah ketika kami berfirman kepada para malaikat, sujudlah kalian semua kepada Adam". Perintah sujud di sini maksudnya sekelas sujud menghormati dan memuliakan Adam, bukan sujud dalam arti kata sujud penghambaan diri, karena Allah suruh mereka sujud semua, maka semuanya sujud kecuali iblis, golongan jin yang masuk ke langit itu ikut sama para malaikat, nggak mau sujud, dia menolak dan menyombongkan diri dan ia termasuk orang-orang kafir. Maka di ayat selanjutnya, ayat 35.

Allah lalu ciptakan "Hawa" dari tulang rusuk Adam, yang akan jadi istrinya Adam. "Hey Adam, diamilah kamu dan istrimu surga ini, dimasukkan ke dalam surga oleh Allah SWT, dan makanlah makanan makanan yang banyak lagi baik, di mana saja yang kamu sukai, dan jangan kamu dekati pohon ini, ada satu yang jangan kamu dekati, karena kalau mau dekatin berarti kau melanggar, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang zalim".

Ada orang-orang yang mengatakan pohon yang didekati oleh Adam itu namanya adalah buah khuldi, sebenarnya tidak ada dalilnya, yang mengatakan bahwa itu buah khuldi adalah iblis, khuld artinya kekal, jadi iblis yang bilang "hai Adam ini pohon yang kau dilarang sama Allah makan, kalau kau makan kau akan menjadi Hulk, kau akan menjadi kekal, makanya Allah larang Kamu makan supaya kamu tidak kekal, keluarlah istilah buah khuldi, sebenarnya bukan.

Allah nggak pernah sebutin namanya pohon itu, tapi iblis yang ucapkan kalimat Hulk disebutkan dalam Alquran. Jadi teman-teman luruskan jangan selalu bilang Nabi Adam memakan buah khuldi, itu enggak benar. Kemudian kata Allah di ayat 36, "dan iblis datang membisikkan kepada Adam dan Hawa bahwasanya memakan buah ini, kamu tidak dilarang oleh Allah berdua kecuali karena kamu akan menjadi kekal, seperti para malaikat malaikat, ada diantara mereka yang kekal". Maka setan pun menyesatkan mereka berdua, lalu mereka melanggar.

Ingat Nabi Adam di sini sama istrinya hawa melanggar, Adam alaihissalam lihat malaikat, diciptakan oleh Allah dengan tangannya, tapi Nabi Adam juga buat salah, secara akal sehat mestinya Nabi Adam gak berbuat salah kan, manusia pertama, lihat malaikat, tahu kenal Allah, pernah tinggal di surga, tapi ternyata buat salah, ini kan Ayah kita semuanya, maka setan menyesatkan mereka dan akhirnya mereka dikeluarkan dari surga itu dan kami berfirman kepada mereka, pada Adam Hawa, dan juga iblis yang menggoda, "turun lah kalian semua ke bumi, sebagian mereka musuh bagi sebagian yang lain, dan bagi kalian tempat kediaman di muka bumi dan kesenangan hidup sampai waktu yang sudah ditentukan saja, selain itu akan meninggal dunia.

Nabi Adam alaihissalam berdoa, ya Allah saya buat salah nih, Udah makan buah yang kamu larang, dihukum sama Allah diturunkan di bumi, tapi saya ingin taubat, Saya ingin meninggalkan kesalahan saya itu, bagaimana caranya. Maka Allah mengajarkan Nabi Adam beberapa kalimat dari Tuhannya, maksudnya kalimat taubat, istighfar dan Taubat, maka Allah menerima taubatnya, Sesungguhnya Allah Maha menerima taubat hamba-nya.

Kemudian ayat 38 Allah berfirman, "dan kami berfirman turunlah kalian semua wahai Adam sama istrimu hawa, sama kamu iblis turun di bumi sekarang, kemudian Jika datang petunjuk kepadaku, petunjuk kepada kalian kata Allah, turun Wahyu dari langit nanti mengingatkan hukum-hukum ku, Siapa yang mengikuti petunjuk itu kata Allah, niscaya tidak ada kekhawatiran, tidak ada pula mereka bersedih hati".

Jadi ayat 30 sampai 38 al-baqarah menceritakan kepada kita tentang Proses penciptaan manusia pertama Adam, dan adanya kesalahan Adam, dan yang menyesatkan Adam berbuat salah, ada golongan namanya iblis, syaitan, pelajaran semua ini. Ini awal kisah kesalahan manusia, ternyata Nabi Adam berbuat salah, penyebabnya adalah iblis, berarti anak keturunannya kayak kita bisa terjadi itu.

Dalam surah Ta Ha, Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga menyebutkan, melengkapkan kisah kita jelaskan tadi, surat Ta Ha surat nomor 20 ayat 115-123, "dan Sesungguhnya telah kami perintahkan kepada Adam dahulu agar dia patuh, masuk di surga, makan minum terserah dia, tapi jangan makan buah yang satu itu, tapi ia lupa akan perintah itu, lalu tidak kami dapati padanya kemauan yang kuat. Maksudnya, Allah yang berfirman tentang Adam nih, Adam digoda sama iblis, mustinya dia tolak, kalian kalau lagi digoda lewat lawan jenis, setan bisikin, Tuh lihat, tuh begini, tuh cantik tuh begini, kita punya Azzam, enggak, haram saya gak mau.

Allah ceritakan Kenapa Nabi Adam berhasil digoda oleh iblis, kata Allah kami tidak mendapatkan adanya tekad yang kuat untuk meninggalkan, jangan, sudah dilarang jangan, ini haram Jangan dicari lagi di bawahnya ada halalnya, haram-haram udah selesai, tinggalkan, itu konsep dasar agama. Kata Allah di ayat selanjutnya ayat 116 surat Ta Ha, "dan ingatlah ketika kami berkata kepada malaikat, sujudlah kalian kepada Adam, maka mereka semua sujud, para malaikat patuh, sujud karena ada perintah Allah, kecuali iblis, ia membangkang.

Ayat 117, "Hey Adam, jadi sekarang yang tidak mau sujud sama kamu nih, iblis". Dia di depan matanya, jadi kata ulama tafsir, Nabi Adam melihat iblis, bagaimana mukanya, fisiknya, Nabi Adam melihat dengan jelas. Sebenarnya sebelum Nabi Adam alaihissalam tergoda untuk makan buah iblis, Allah sudah ingatkan, sebelum berbuat dosa sudah turun Wahyu, cuma kita nggak belajar gitu, turun peringatan-peringatan Nabi Adam di Ingatkan, ayat 118, kalau Nabi Adam di surga itu kau tidak akan kelaparan di dalamnya dan tidak akan telanjang, Allah akan tutup aurat kamu, aman asal jangan ikuti sayton.

Iblis membisikkan pikiran jahat kepada Adam, mau nggak kamu Saya tunjukkan pohon khuldi, jadi perkataan dari iblis diambil dari kata-kata kekal, Allah tidak sebut pohon itu sebagai pohon khuldi. Sesungguhnya Tuhan kalian tidak melarang kalian mendekati pohon ini melainkan Agar kalian nanti kalau makan buah ini akan menjadi malaikat, berubah jadi manusia, menjadi malaikat atau kalian akan menjadi orang-orang yang kekal kalau memakannya, makanya Allah larang. Aku bersumpah atas nama Allah, demi Allah saya benar, Ikuti saya Adam, saya betul-betul memberikan nasehat yang baik buat kalian berdua.

Syaitan terus membujuk keduanya untuk memakan buah itu dengan tipu dayanya, tatkala keduanya mulai makan buah kayu itu nampak bagi keduanya aurat auratnya, dan mulailah keduanya menutupi dengan daun-daun yang ada di surga, jadi kalau kita lihat ayat ini, berarti yang Allah Sebutkan nama pohon itu adalah pohon kayu, pohon kayu ini maksudnya apakah itu buah pohon kayunya adalah dari buah pohon kayu itu ada buahnya, yang jelas Allah sebutkan seperti itu warna daya alam dan Allah berfirman kepada Adam pada saat itu Bukankah aku sudah melarang kalian berdua, Jangan dekati pohon kayu itu, dan aku katakan kepada kalian berdua sesungguhnya syaitan itu adalah musuh kalian, Maka jangan ikuti oleh keduanya, berkata Adam dan istrinya Robbana dholamna anfusana kami telah berbuat salah, maafkan kami, kami termasuk orang-orang yang rugi. Kata Allah, sekarang kalian semua turun ke bumi, termasuk dengan iblis.

Iblis sudah disuruh turun sebelumnya, turun kau juga, jadi rupanya Iblis waktu itu kata ulama tafsir, sudah diusir sama Allah, tetapi tidak mau turun sendiri maka dia mampir sebentar, bisikin Adam. Adam terpengaruh maka kata Allah, sementara kalian semuanya turun sekalian ke bumi, dan sebagian kalian musuh Sebagai sebagian yang lain, dan kalian memiliki tempat kediaman dan kesenangan di dunia dalam waktu yang telah ditentukan saja, kata Allah.

Allah berfirman turunlah kalian berdua dari surga ini bersama-sama Adam alaihissalam dengan istrinya dan juga iblis yang ada pada saat akan turun semuanya sebagian kalian menjadi musuh bagi sebagian yang lain, akan datang kepada kalian petunjuk dari itu nanti. Barang siapa yang mengikuti petunjuk, maka dia tidak akan pernah celaka. Surat To ha melengkapkan penjelasan surah Albaqarah, berarti Adam diciptakan Adam alaihissalam sudah diingatkan sama Allah, melanggar karena bisikan syaitan, dan akhirnya hukumannya diturunkan dari surga ke muka bumi ini. Ternyata, iblis menolak, iblis akhirnya meminta kepada Allah agar diberikan kesempatan menyesatkan Adam dan keturunannya, sampai Allah Subhanahu Wa Ta'ala memanjangkan umurnya iblis.

Panjangkan umurku sampai hari kiamat Ya Allah, aku benar-benar akan menghalang-halangi si Adam nikah sama keturunannya dari jalan yang lurus, kemudian aku pasti akan membuat dia dengan keturunanku dari sisi kanan mereka, dari muka mereka, dari belakang mereka, karena mereka kiri, mereka dan aku akan mendapatkan mereka jarang sekali bersyukur, maka Allah berfirman kepada iblis, "Keluarlah kau dari tempat ini sebagai orang yang terhina lagi Kafir, sesungguhnya barangsiapa diantara mereka, anak cucu Adam mengikuti kamu benar-benar aku akan mengisi neraka jahanam dengan kamu semuanya.

Penceramah: Ustadz Khalid Basalamah Lc, MA
Video: youtube.com/watch?v=DwUCrtcrje8
Jihad adalah salah satu cara mendapatkan pahala yang sangat besar, dan tahukah kalian bahwa berdakwah, menyebarkan dakwah, mengajak orang lain agar ke jalan Allah adalah salah satu bentuk Jihad. Untuk itu para sahabat yang saya cintai, jika kalian ingin berjihad dengan mudah maka silahkan bagikan konten ini ke banyak orang, bisa lewat akun sosial media kalian. Demi Allah, dengan niat yang tulus karena Allah Ta'ala maka kalian akan mendapatkan pahala yang telah Allah janjikan tersebut. Semoga kita semua bahagia didunia dan selamat di akhirat serta menjadi salah satu dari jutaan orang yang beruntung menjadi penghuni Syurga, Amin..

BAGIKAN KE:

PASTI KAMU SUKA :

Anda barusaja membaca artikel berjudul "Kisah Nabi ADAM diUsir Dari Surga - Ustadz Khalid Basalamah". Jika Anda punya kritik atau saran maupun pertanyaan tentang itu, silahkan tulis di komentar ini ya..

Tulis Komentar !!